Dinkes Tangerang Selatan Siap Berikan Vaksin Covid-19

Pemkot tangerang Selatan lewat Dinas Kesehatan sudah memastikan semua kesiapan tentang penyaluran vaksin Covid-19 yang bakal mulai dilakukan pada Jumat, 15 Januari 2021.

 tangerang

Setelah tiba di Puskesmas Jurang Mangu, Tangsel, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny yang disambut Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany tersebut langsung mengecek semua kesiapan Puskesmas Jurang Mangu, jelang pemberian vaksin Covid-19.

“Secara khusus pada hari ini, saya berkunjung menuju Puskesmas Jurang Mangu melihat persiapan akhir, sebelum dilaksanakannya proses pemberian vaksin Covid-19,” ungkap Johnny setelah memeriksa semua kesiapan Puskesmas Jurang Mangu.

Dalam kunjungannya tersebut, Johnny menilai jika fasilitas kesehatan Tangsel ini telah siap melakukan proses vaksin Covid-19 untuk para warga. Penilaian itu dinyatakan dari kesiapan segala aspek, mulai dari sarana pra sarana, prosedur, tenaga vaksinator, maupun alur vaksinasi.

Sementara itu, Walikota Tangsel, Airin Diany mengatakan bahwa pada penyaluran vaksin itu pemerintah kota Tangsel sudah menyediakan setidaknya 67 tempat fasilitas kesehatan.

“Ada 29 Puskesmas yang kami miliki, 24 rumah sakit, serta 14 klinik swasta. Totalnya adalah 67 tempat pelayanan kesehatan,” ungkap Airin.

Untuk tahapan pertama, vaksin Covid-19 akan terlebih dahulu diberikan kepada tenaga kesehatan, yang jadi garda terdepan atas penanganan Covid-19 di Tangerang Selatan ini. Akan tetapi untuk penyaluran pertama, Pemkot Tangsel baru bisa menyalurkan vaksin kepada 8,901 tenaga kesehatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dinkes Provinsi Banten, yang telah memberi 8,901 vaksin. Masih ada yang kurang serta nantinya akan ditambahkan, tentu saja 14 hari setelahnya demi penyuntikan di tahapan berikutnya,” imbuh Airin.

Selepas tenaga kesehatan, dia memastikan jika vaksin tersebut berikutnya juga bakal diberikan kepada para warga.

“Selepas tahapan petugas kesehatan, serta beberapa yang lain. Tentu saja nantinya juga akan diberikan pada para warga,” katanya.

Di sisi lain, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Allin Hendarlin Mahdaniar, menjelaskan jika nanti tiap penerima vaksin bisa memilih tempat vaksinasi.

“Tenaga medis perlu memilih tempat pemberian vaksinasi. Penerima vaksin telah didata secara nama serta alamat,” ungkapnya.

Sementara dalam hal biaya, Allin memastikan jika proses pemberian vaksin Covid-19 ini tak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *